Jika sebelumnya Anda sudah pernah mempelajari
Micorosoft Excel 2007, maka dalam mempelajari
Excel 2010 ini tidaklah begitu sulit. Karena, dari segi desain atau tampilan
Microsoft Excel 2010 tidak jauh berbeda dengan Micorosft Excel 2007, dan fungsinya pun hampir sama, hanya saja pada perintah Print Out (Cetak) jauh sedikit berbeda.
Sebagai bahan pembelajaran awal, pada halaman ini akan dijelaskan tentang
Cara Memulai Excel 2010, yaitu dengan memahami tentang Menu Ribbon dan Quick Access Toolbar.
Menu Ribbon Excel 2010
Ribbon adalah sebuah menu program Ms. Excel yang berisi beberapa tab, dengan masing-masing tab terdapat beberapa kelompok dan perintah. Disini, Anda dapat menambahkan tab sendiri yang berisi perintah favorit Anda.
Cara Mensetting Ribbon
Dalam menu ribbon Excel 2010, Anda dapat menyesuaikan pita dengan menciptakan tab Anda sendiri yang menampung perintah yang Anda inginkan. Perintah selalu ditempatkan dalam suatu kelompok, dan Anda dapat membuat grup sebanyak yang Anda butuhkan.
Selain itu, Anda bahkan dapat menambahkan perintah ke salah satu tab default, selama Anda membuat grup kustom dalam tab. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
- Klik kanan Ribbon dan pilih Customize Ribbon. Kemudian akan muncul sebuah sebuah kotak dialog seperti gambar dibawah ini.
- Klik tab baru. Sebuah tab baru akan dibuat dengan sebuah kelompok baru di dalamnya.
- Pastikan Anda memilih kelompok baru.
- Pilih perintah dari daftar di sebelah kiri, kemudian klik Tambah. Anda juga dapat menarik perintah secara langsung ke dalam kelompok.
- Ketika Anda selesai menambahkan perintah, selanjutnya klik OK.
Catatan :
Apabila Anda tidak menemukan atau melihat perintah yang Anda inginkan, maka alternatif lainnya yaitu klik pada perintah menu drop-down box dan pilih Semua Perintah. Maka akan tampil menu dialog seperti tampak pada gambar dibawah
Related Posts :